Mengatasi Error: CPU Fan Failed


http://h10010.www1.hp.com/ewfrf-JAVA/Doc/images/c00532081.jpg

“ERROR: CPU Fan Has Failed! PC will automatically power down in a few seconds. Service the PC immediately to prevent damage to the PC.”
Pesan error yang ditampilkan di layar monitor ketika tombol power di tekan dan dalam waktu 5 detik PC otomatis akan mati (power down). Hal ini sering dialami komputer Build Up HP dan Compaq, seperti yang saya alami sendiri. Apa penyebab timbulnya masalah tersebut, dan bagaimana cara mengatasinya?
Hal ini terjadi ketika komputer pertama dihidupkan, atau timbul setelah melakukan update BIOS. Pada produk HP sudah ditanamkan sensor untuk mendeteksi kipas prosesor (CPU Fan), sehingga bila kipas mengalami gangguan seperti tidak berputar maka sensor akan mendeteksinya dan proses auto shutdown akan terjadi ini diperlukan untuk menghindari panas yang berlebihan pada CPU yang pada akhirnya dapat merusak komponennya.
Akan tetapi setelah saya mencoba mengganti kipas dengan kipas biasa bukan kipas prossesor, pesan “Error: CPU fan failed” terus terjadi dan komputer langsung mati. Ini berarti sensornya masih mendeteksi keberadaan kipas yang terhubung dari mainboard. Sementara kipas yang saya pasang terhubung ke kabel dari Power Supply (PSU).
Sebenarnya kita masih dapat masuk ke System dengan menekan tombol F2 secara berulang setelah tombol power on, fungsi tombol ini untuk membatalkan kerja sensor yang ada di mainboard sehingga power tetap jalan dan komputer bisa loading seperti keadaan normal. Akan tetapi, solusi yang terbaik adalah dengan mengganti kipas yang rusak tadi. Dan masalah pesan error ini dapat kita atasi dengan melakukan pengaturan pada BIOS.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Masuk ke dalam BIOS dengan menekan tombol F11 secara berulang, bila belum juga bisa silakan gunakan tombol F1 atau F10.
  • Setelah berhasil masuk BIOS, pilih menu Advanced, pilih Hardware Monitor tekan Enter, pilih CPU Fan Check kemudian tekan Enter lagi, karena CPU Fannya tidak ada maka kita pilih “Disable” saja. Agar tidak dilakukan pengecekkan.
  • Selanjutnya tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS.
  • Hal ini dapat juga dilakukan ketika pesan error yang timbul setelah melakukan update BIOS untuk komputer HP.
Pesan-pesan yang timbul dapat berupa seperti ini:
ERROR: CPU Fan Has Failed! PC will automatically power down in a few seconds. Service the PC immediately to prevent damage to the PC.”
atau
CPU Fan Failed. Press F2 to continue to boot. Otherwise, the system will power down in five seconds. Have system serviced immediately

Terima kasih, satu dari Klik Anda adalah sebuah support untuk web ini


Judul: Mengatasi Error: CPU Fan Failed
Rating:100%based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Writed Dee Iswana
Like this to :
Share This To :

0 komentar:

Poskan Komentar

Lets Join With Mibats!

$ 4,00 per 1000 kunjungan untuk link Anda.| Dapatkan URL singkat, bagus ketika ruang teks terbatas.| Dengan rincian Statistik pendapatan link kunjungan .| Mudah dalam mencapai minimum payout $ 5,00.| Cocok untuk media sosial, website dan blog Anda!
Back to top!

Fans Page kami